Subscribe Us

header ads

Sejarah SMP Negeri 4 Blado Satu Atap

Desa Gerlang merupakan sebuah desa yang terletak di dataran tinggi Dieng. Kawasan ini didomiasi oleh pegunungan yang menjadi ciri dari kawasan dataran tinggi Dieng. Dataran tinggi Dieng sendiri merupakan dataran tertinggi di Jawa Tengah. Dengan kondisi  geografis tersbut, Desa Gerlang boleh dikatakan sebuah desa yang terpencil dan jauh dari akses transportasi, meskipun Desa Gerlang adalah desa penghubung antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Wonosobo.
Keadaan geografis yang seperti di atas mengakibatkan kehidupan di desa Gerlang sangat minim jika dilihat dari kaca mata pendidikan. Berdasarkan pengamatan, Angka Partisipasi Kasar ( APK ) Desa Gerlang yang masih rendah,  anak-anak Sekolah Dasar yang lulus tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Gerlang sendiri terdapat sebuah SD Negeri yang menjadi satu-satunya sekolah sebagai tumpuan menimba ilmu bagi masyarakat di sana. Setelah tamat dari SD, banyak anak-anak yang tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya, hal ini diakibatkan oleh jarak dari desa ke SMP/ MTs terdekat sangat jauh dan kondisi jalan yang rusak. Keadaan tersebut membuat mereka enggan untuk melanjutkan sekolah dan memilih untuk beraktifitas di lahan.
Bagi keluarga yang mampu dan sadar pendidikan berfikir untuk mencerdaskan anak-anaknya di sekolah – sekolah yang letaknya di pusat kecamatan maupun di luar kabupaten , misalnya Banjarnegara dan Wonosobo. Ada sebagian besar anak-abaknya dipondokkan untuk memperdalam ilmu agama sebagai bekal hidupmasa mendatang. Tapi sebagian lagi kurang mementingkan pendidikan, anak-anak disuruh untuk melanjutkan cita-cita orang tuanya dengan bekerja di kebun-kebun kentang.
Berawal dari sebab ini lah muncul gagasan untuk mengusulkan pendirian SMP di Desa Gerlang. Babak panjang dilalui untuk, banyak pengorbanan materiil yang dikeluarkan, terutama dari proses pembebasan lahan dan tukar guling lahan yang terkesan berjalan alot.
Menimbang : “ Bahwa untuk mendukung Program Percepatan Penuntasan Wajib Belajar 9 tahun yang bermutu dan merata diperlukan pengembangan SD_SMP Satu Atap di daerah yang anga partisipasi Kasar ( APK ) rendah, terpencil, terisolir dan terpencar “. Maka dibuatlah KEPUTUSAN DIREKTUR PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMANO : 582 / C3 / KP / 2012 TENTANG PENETAPAN LOKASI PENGEMBANGAN SD-SMP SATU ATAP TAHUN 2012 ( ESSP ), Merupakan titik awal lahirnya pendirian SMP di Desa Gerlang. Ditambah KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN BATANG NO: 423.7/ 198/ 2012 TENTANG PENETAPAN LEMBAGA PENDIDIKAN SD-SMP SATU ATAP KABUPATEN BATANG TAHUN 2012.
Dengan perjuangan dari masyarakat serta guru-guru di SD Negeri Gerlang, maka pada tanggal 16 Juli 2012 diresmikan sebuah sekolah menengah pertama yang bernama SMP Negeri 4 Blado Satu Atap. Diharapakan dengan adanya sekolah ini mutu pendidikan di desa Gerlang akan semakin maju, dan lebih meningkatkan pola pikir masyarakat menjadi lebih berpendidikan

Posting Komentar

0 Komentar